Tingkatkan kemampuan mahasiswa, Stikes Muhammadiyah Klaten adakan Pendidikan Kebencanaan

Dokumentasi MDMC Klaten

Berada dikawasan yang rawan bencana menuntut siapapun untuk selalu siap dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. Risiko kejadian bencana sering kali berdampak banyak pada aset penghidupan, berupa risiko pada manusia, insfrastruktur, ekonomi, lingkungan dan lain sebagainya.

Dengan banyaknya risiko kejadian bencana jika bencana terjadi, peluang untuk ikut serta dalam penanganan bencana sangat terbuka bagi siapapun, tidak terkecuali bagi Perguruan Tinggi. Stikes Muhammadiyah Klaten tergerak dalam menyiapkan sumber daya manusia yang terlatih dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana.

Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Stikes Muhammadiyah Klaten bekerjasama dengan MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) Klaten mengadakan Pendidikan dan pelatihan (Diklat) Kebencanaan bagi mahasiswa. Diklat diselenggarkan pada tanggal 7-9 Februari 2022 untuk sesi 1, dan tanggal 11- 13 Februari 2022 mencakup dua materi dasar dalam penyelanggaraan penanggulangan bencana.

Dokumentasi MDMC Klaten (Diskusi peserta)

Materi dalam Diklat berupa materi untuk peningkatan kapasitas masyarakat dalam penyelanggaraan penanggulangan bencana berupa materi pengkajian risiko bencana pada Keluarga/Desa samapai dengan materi penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana. Materi selanjutnya berupa materi Water Rescue yang berfokus pada teknik untuk melakukan pertolongan korban bencana saat tanggap darurat bencana, materi yang diberikan berupa manajemen posko kesehatan bencana, medical first responder, teknik pertotlongan korban di air, sampai dengan geladi pencarian dan pertolongan (SAR) korban.

Harapnnya dengan diselenggarakan kegiatan ini, mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmunya ke masyarakat, sehingga risiko kejadian bencana dapat berkurang.

(IT Stikes Muhammadiyah Klaten)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *