Program Studi DIII Kebidanan

Detail

PROFIL PROGRAM DIPLOMA III KEBIDANAN

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang didukung oleh kemajuan teknologi informasi, menuntut peningkatan jumlah maupun kualitas tenaga ahli madya kebidanan, baik untuk pelayanan kebidanan di BPM, Puskesmas, rumah sakit, maupun komunitas. Pelayanan kebidanan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya pelayanan kesehatan yang menjamin ketersediaan, pendistribusian perbekalan kebidanan kepada masyarakat baik melalui BPM, puskesmas, maupun rumah sakit. Aspek produksi dan pemasaran produk yang berkualitas merupakan ruang lingkup pelayanan kefarmasian di industri farmasi dan industrui obat tradisional. Kesemua aspek pelayanan kebidanan tersebut membutuhkan tenaga pelaksanan kebidanan yang cakap, cerdas dan terampil yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, di samping tenaga sarjana farmasi dan apoteker.

Pendidikan Program Diploma III Kebidanan STIKES Muhammadiyah Klaten dibuka untuk mengisi kekurangan-kurangan tenaga ahli madya di atas karena pendidikan yang diberikan meliputi ilmu tentang kebidanan serta ilmu-ilmu agama yang berfungsi untuk meningkatkan iman dan taqwa, sehingga sangat sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut STIKES Muhammadiyah Klaten menyelenggarakan Program Diploma III Kebidanan yang waktu pendidikannya 6 semester (3 tahun) , menggunakan sistem kredit dengan beban studi 110-120 SKS yang terdiri dari perkuliahan, praktikum, dan praktek kerja lapangan serta seminar.

VISI

Mewujudkan program studi DIII Kebidanan yang handal dan bermartabat dengan keunggulan pelayanan kebidanan komunitas berdasar nilai-nilai professional dan islami pada tahun 2020.

MISI

  1. Menyelengarakan kegiatan program belajar mengajar berbasis komunitas yang kompetitif
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis pelayanan kebidanan komunitas
  3. Mengedepankan kearifan lokal dalam pelayanan kebidanan komunitas
  4. Menyelenggarakan pengembangan kegiatan Al Islam dan Kemuhammadiyahan di masyarakat.

TUJUAN

  1. Menghasilkan Ahli Madya Kebidanan yang handal dan bermartabat di lingkungan masyarakat
  2. Menggali kreativitas mahasiswa dalam pelayanan kebidanan komunitas
  3. Menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menunjang pelayanan kebidanan komunitas
  4. Menghasilkan kader persyarikatan Muhammadiyah yang berkualitas
   
© 2013 | stikesmukla.ac.id