Pengenalan Program Studi & Masa Ta'aruf "Menyambut MEA dengan Intelektual, Religius dan Humanis"
Asesmen Lapangan Program Studi D3 Farmasi
Seminar Nasional Profesi Ners VII "Holistic Approach on Disaster Management For a Sustainble Future"
Pelatihan Basic Trauma And Cardiac Life Support (BTCLS) Kerjasama STIKES Muhammadiyah Klaten Dan Jakarta Medical Service & Training 119

Kalender Akademik 2016/2017  

   

Deskripsi Pembelajaran

Detail

Program pendidikan ners terdiri dari dua tahap yang bersifat sekuensial yaitu tahap program akademik yang lebih menekankan pada pemberian landasan akademik yang kokoh dan tahap profesi yang merupakan proses sosialisasi profesional. Proses sosialisasi profesiaonal yang dilaksanakan oleh mahasiswa Stikes Muhammadiyah akan berlandaskan tujuan institusi yaitu meluluskan sarjana keperawatan dan Ners yang berakhlakul karimah, serta mampu melaksanakan amal ma’ruf nahi munkar.

Sosilaisasi untuk melaksanakan praktek keperawatan profesional adalah proses dimana nilai dan norma profesi keperawatan diinternalisasikan dalam perilaku dan konsep diri perawat, proses dimana mahasiswa atau peserta didik pendidikan tinggi keperawatan menjadi perawat profesional akan dilaksanakan di Klinik dan komunitas sehingga terjadi interaksi antara mahasiswa dengan mereka yang memiliki norma serta nilai profesi keperawatan. Mahasiswa akan memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan karakteristik sikap profesi serta belajar berespon kepada lingkungan sesuai yang diharapkan sesuai tuntutan akhlak.

Tujuan

Detail

Tujuan pendidikan tahap profesi adalah menyiapkan mahasiswa melalui penyesuaian profesional dalam bentuk pengalaman belajar klinik dan pengalaman belajar lapangan secara komperhensif , agar mahasiswa memiliki kemampuan profesional dalam:

  1. Menerapkan konsep teori dan prinsip ilmu perilaku, ilmu sosial, ilmu biomedik dan ilmu keperawatan dalam melaksanakan pelayanan atau asuhan keperawatan kepada individu, keluarga, komunitas dan masyarakat.
  2. Melaksanakan pelayanan dan asuhan keperawatan dari masalah yang sederhana sampai masalah yang kompleks secara tuntas melalui pengkajian
  3. Penempatan diagnosa keperawatan, perencanaan tindakan keperawatan, implementasi dan evaluasi, baik yang bersifat promotif, prefentif, kuratif dan rehabilitatif sesuai batas kewenangan, tanggungjawab dan kemampuannya serta berlandaskan etika profesi keperawatan.
  4. Mendokumentasikan seluruh proses keperawatan sistematis dan memanfaatkannya dalam upaya meningkatkan kualitas asuhan keperawatan
  5. Mengelola pelayanan keperawatan tingkat dasar secara bertanggungjawab dengan menunjukakan sikap kepemimpinan.

Beban Studi

Detail

Besar beban studi tahap program profesi 36 KS, dengan penjabaran mata kuliah sebagai berikut :

Tempat Pelaksanaan

Detail

Adapun tempat pembelajaran klinik yang direncanakan untuk pelaksanaan program profesi ners adalah:

  1. RSUD Muntilan
  2. RSUD Boyolali
  3. RSUD Wonosari
  4. RSUD Salatiga
  5. RSUD Dr. Soejarwadi Klaten
  6. PKU Muh.Delanggu
  7. RSI Klaten
  8. Puskesmas dan masyarakat di wilayah kabupaten Klaten.

Koordinator Mata Ajar & Perceptor Akademik

Detail

Kompetensi & Mekanisme Bimbingan

Detail

Model pembelajaran program profesi ners adalah model perceptorship, dimana mahasiswa belajar klinik dibawah bimbingan seorang perceptor. Perceptor adalah seorang clinical instructure yang ditetapkan berdasarkan surat keputusan dan telah memenuhi kriteria tertentu.

Metode bimbingan yang digunakan adalah Conference (pre dan post), Bedside Teaching dan nursing Rounde, MTE ( Meet The Expert), presentasi kasus, presentasi jurnal, DOPS (direct observasional of prosedural skills).

Tugas Preceptor Rumah Sakit :

  1. Menerima dan mengorientasikan pada saat mahasiswa praktek untuk pertama   kali di ruangan tersebut. Hal – hal yang diorientasikan adalah : staf perawatan, ruangan, letak alat keperawatan, prosedur rutinitas yang berlaku di ruangan tersebut, dll.
  2. Memeriksa dokumentasu asuhan keperawatan pasien kelolaannya
  3. Memeriksa tanda tangan daftar hadir praktek mahasiswa.
  4. Mendemonstrasikan keahlian berupa ketrampilan – ketrampilan teknis prosedur keperawatan (diharapkan yang sudah update)
  5. Menentukan pasien untuk evaluasi
  6. Mendampingi pembimbing akademik ketika melakukan evaluasi mahasiswa
  7. Melakukan kegiatan bimbingan sesuai yang ditetapkan akademik dan melakukan penilaian dalam student report

Bentuk & Waktu Kegiatan

Detail

Panduan Profesi Anak Angkatan VII

Detail

Download

   

Portal Kepegawaian  

   

Link Terkait  

   

Makalah  

 \r\nAKSI  SITOKIN (IL-6) TERHADAP SEL PLASMA (LIMFOSIT-B)DALAM PRODUKSI ANTIBODI\r\nOleh ...
Download Makalah Pemeriksaan Fisik Paru...
   

Jumlah Pengunjung  

Hari ini59
Kemarin85
Minggu ini387
Bulan ini1338
Total43729
   
© 2013 | stikesmukla.ac.id